Senin, 09 November 2015

ANAK KITA, HARTA KITA



Pagi ini saya, suami dan anak berjalan-jalan disekitar rumah. Ya kebiasaaan sederhana yang membuat rumah tangga kecilku jadi istimewa. Si kecil bangun biasanya siang sekitar jam set 7. Sekalinya bangun pagi, selalu saya ajak jalan-jalan dengan suami. 

Saat itu tiba-tiba ada sepeda motor berhenti di depan kami, dari gelagatnya saya tahu pengendara sepeda motor hendak bertanya pada kami. Pengendara sepeda motor itu adalah bapak-bapak dan ibu-ibu yang saya tebak adalah suami istri, sekitar 60-an tahun (kerut-nya sudah kelihatan sekali). Standar saja tebakan saya bahwa mereka akan menanyakan alamat,,tapi.

“mbak, di daerah sini rumah/tempat yang sering buat judi dadu dimana ya?”

Hatiku bagai tersambar petir, apakah ibu itu tidak salah nanya, yang ditanya dan bertanya sama-sama berjilbab (ibu itu dan aku berjilbab).

“maaf buk saya kurang tahu”

Dan terlihat wajah keputus-asaan di wajah tuanya, saya iseng bertanya (sejujurnya lebih kepada penasaran)

“memangnya kenapa bu”

Dan jawaban ibu itu lebih mengiris hati saya, 

“saya mencari anak saya mbak, namanya --- (maaf saya sensor)”

“wah maaf buk saya belum pernah dengar nama itu disekitar sini”

Dan sekarang saya tahu, kenapa seorang ibu yang kelihatan santun dengan jilbabnya mencari tempat perjudian, Seorang ibu yang tampak putus asa karena rindu anak-nya berhari-hari tak pulang. Seorang ibu yang tak rela anaknya semakin terjerumus dalam pusaran perjudian. Seorang ibu yang hanyalah seorang ibu yang ingin anaknya kembali menjadi jagoan kecilnya.
Begitu ibu itu dan suaminya pergi, saya terlibat obrolan yang menarik dengan suami saya. 

“anak itu tidak kayak komputer ma, tidak bisa diinstal ulang makanya sejak dini kita harus didik dengan agama, pendidikan dan segala yang baik. Dan yang terpenting apa yang dimakan dedek haruslah dari sesuatu yang halal dan dengan cara yang halal”

Dan memang benar..

  1. Apakah Pengasuh anak anda selalu berdoa jika akan menyuapi anak anda?
  2. Apakah Pengasuh anak anda selalu mendahulukan bagian tubuh yang kanan jika sedang memakaikan baju si kecil?
  3. Apakah Pengasuh anak anda selalu memulai dari yang kiri jika melepas pakaian anak anda?
  4. Apakah Pengasuh anak anda selalu mengajak bercerita si kecil?selalu mengajak bernyanyi si kecil?

Ya, mungkin kita tidak pernah memperhatikan hal-hal kecil semacam itu. Yang tepenting anak kita bersih, dan kenyang. Padahal hal-hal kecil itulah yang akan membentuk karakter anak kita. 

Saya membenarkan apa yang dikatakan suami saya, saya dan suami bukanlah ahli agama tapi kami sama-sama belajar setiap harinya untuk semakin baik beragama apalagi semenjak punya reifan. Ada yang bilang “HARTA PALING BERHARGA ADALAH ANAK SHOLEH/SHOLEKHA”itu sangattttttt bener banget.
Dan benar saja apa yang dibilang suami saya, pengasuh terbaik dari anak adalah ibu.
Pernah saya tanyakan ini pada suami saya

“pah, padahal si A itu didikannya menurutku orang tuanya bagus, pengetahuan agamanya juga lumayan bagus. Tapi kenapa si A tetap saja jadi anak yang menyusahkan orang tua seperti ini (disini si A kecanduan judi hingga harta orang tuanya habis sedikit demi sedikit, hingga hutang dimana-mana padahal udah banting tulang dalam bekerja---ini kisah nyata)?”

Jawaban yang diberikan suami saya sangat sederhana

“lha dulu apakah si A dikasih makan dengan rizky yang halal?”

Saya tidak bisa menjawab, karena saya tidak tahu. Banyak orang menyepelekan ini, tapi dampaknya luar biasa bukan. Banyak orang yang hanya peduli yang penting istri dan anak bisa makan, tanpa peduli dari mana uang buat makan itu. Bahkan ketika kamu ragu dengan rizky yang kamu dapat (bersifat abu-abu antara halal dan haram) mending jangan kasih istri.Saya bukannya sok suci, saya hanya menyarankan jangan kasih istri atau anak, makanlah sendiri atau amannya gunakan untuk uang bensin, membeli pakaian dll.



 
Mungkin ini sepenggal dari apa yang saya tahu..

Tidak ada komentar:

ISTANA-ISTANA PARA SELEBRITI HOLLYWOOD part II

bingung mau ngeblog apa... nerusin aja yang udah ada, kapan waktu itu aku pernah lihatin rumah dari beberapa pesohor dunia...ini lanjutanny...